Teknologi input dan Komponennya
1.
MOUSE, adalah
alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan
tombol. mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk
seperti ekor tikus
Beberapa Komponen Mouse :
·
Penutup Plastik Transparan, digunakan untuk
merepleksikan dan memusatkan sinar yang dibawah kamera.
·
Lampu LED (Light Emitting
Diode), berguna untuk menerangi bagian permukaan yang akan memantulkan kembali
ke kamera ketika ingin mendapatkan gambar yang jelas dari permukaan bawah
mouse.
·
Terminal IC (Integrated
Circuit), adalah sebuah sensor mouse optic yang bekerja dengan teknologi
navigasi optic. Gunanya untuk mengukur perubahan posisi berdasarkan perolehan
gambar permukaan yang akan menentukan arah dan jarak getaran
·
Potensiometer, bekerja
sebagai sensor dan sinyal output dimana variable tegangan setelah pengolahan
akan diberikan ke PC (personal computer).
·
Lensa, terdapat Lensa yang
berbentuk khusus yang dirancang untuk memantulkan cahaya LED ke permukaan.
12.
JOYSTICK
adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat
mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer
Beberapa komponen Joystick :
·
E-Ring (Ring Retaining), E-cincin (juga disebut e-klip)
bentuknya kecil datar, plat melengkung dari logam berbentuk seperti “E” ,
merupakan cincin penahan yang merupakan jenis pengikat. Hal ini menempel pada
bagian bawah poros, menyelaraskan dan mengamankan bagian sepanjang itu.
·
Mounting
Plate, Piring joystick terpasang secara langsung dan aman ke
panel kontrol. Ini dan mesin cuci debu adalah dua bagian dari joystick yang
perlu menyentuh panel kontrol.
·
Panduan
/ Washer Debu / Disk / Cover, Dengan banyak nama, disk ini datar
mengelilingi poros di atas panel kontrol untuk menyembunyikan dan melindungi
bagian dalam joystick dan lubang di panel. Ia juga bekerja untuk meningkatkan
bermain ketika bagian tangan terletak di atasnya
·
Pembatas
Gate, adalah sebuah pelat dengan lubang berbentuk khusus, seperti
persegi atau lingkaran, yang menentukan secara fisik mana joystick dapat
dipindahkan. Hal ini umumnya menempel pada bagian bawah joystick, membatasi
bagian bawah poros.
·
Wire
Harness, Beberapa joystick memiliki microswitches terpasang pada PCB di
mana harness kawat (kabel sejajar sepanjang plug) dimasukkan daripada harus
setiap kawat microswitches sekitar bagian bawah joystick.
3.
SCANNER, merupakan suatu alat yang digunakan
untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto,
gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan
ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital
Beberapa komponen scanner :
·
Alas
kaca, Alas kaca digunakan sebagai wadah dari gambar yang akan dibaca.
·
Sumber
Cahaya, berupa lampu dengan intensitas cahaya cukup tinggi akan menghasilkan
cahaya yang diarahkan ke gambar.
·
Sensor
sinal pantulan, Jenis yang umum digunakan untuk jenis scanner flat bed adalah
sensor CCD(charge-coupled devices). Alat ini berfungsi seperti mata yang akan
membaca sinar pantulan dari gambar Untuk mengarahkan sampai ke CCD, cahaya
pantulan dari gambar diarahkan dengan menggunakan sejumlah cermin dan lensa scanner.
·
Motor
Stepper dan pita bergerigi Karena data dibaca baris perbaris, maka
dibutuhkan motor stepper dan pita bergerigi untuk menggerakan lampu dan CCD.
·
Penutup,
Penutup digunakan untuk menghindari sinar luar yang masuk, sehingga data yang
dibaca oleh CCD benar-benar data pantulan dari gambar yang sedang dibaca.
4.
MICROPHONE, adalah perangkat masukan (alat
input) berupa suara. Microphone merupakan alat atau komponen audio yang
digunakan untuk merekam sinyal audio baik vokal, akustik instrumen atau apapun
yang bisa menjadi sumber suara.
Beberapa komponen microphone :
Voice coil, Sebuah kumparan kawat
kecil yg ditempelkan pada bagian belakang diafragma dan sama-sama ikut bergetar
juga ketika diafragma bergetar.
Voice coil dikelilingi
oleh medan magnet yang tercipta oleh sebuah magnet permanen kecil. Pergerakan
voice coil di medan magnet ini akan mengakibatkan terbentuknya sinyal elektrik.
diafragma/voice
coil/susunan magnet yang berfungsi sebagai generator/pembangkit sinyal listrik
yang di-drive oleh suara yang masuk. Gelombang suara menabrak sebuah
membran plastik tipis yang disebut diafragma sehingga diafragma tersebut
bergetar
5.
KEYBOARD
adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol
tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
Papan ketik / keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf,
angka, atau simbol yang tercetak di atasnya.
Beberapa komponen keyboard :
·
Per atau pegas, jika sebuah tombol keyboard
ditekan maka per yang berada dibawahnya akan menekan logam yang berada dibawah
per tersebut yang menyebabkan alus listrik mengalir melewatnya
·
Microprocessor, ketika kita menekan tombol
keyboard maka secara langsung microprocessor mengirim data tersebut langsung ke
Cpu
·
Interrupt controller, pada saat micro processor
meneruskan informasi inilah yang bisa diterima ke CPU dan langsung ditampilkan
di layar monitor
Terima kasih mbak informasinya sangat membantu. Kalau boleh tau referensinya dari mana yaa, Mbak. Terima kasih :)
BalasHapus