bendera

Senin, 15 Oktober 2012

TEKNOLOGI INPUT DAN KOMPONENNYA

Teknologi input dan Komponennya

1.    MOUSE, adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan tombol. mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus

Beberapa Komponen Mouse :

·         Penutup Plastik Transparan, digunakan untuk merepleksikan dan memusatkan sinar yang dibawah kamera.
·         Lampu LED (Light Emitting Diode), berguna untuk menerangi bagian permukaan yang akan memantulkan kembali ke kamera ketika ingin mendapatkan gambar yang jelas dari permukaan bawah mouse.
·         Terminal IC (Integrated Circuit), adalah sebuah sensor mouse optic yang bekerja dengan teknologi navigasi optic. Gunanya untuk mengukur perubahan posisi berdasarkan perolehan gambar permukaan yang akan menentukan arah dan jarak getaran
·         Potensiometer, bekerja sebagai sensor dan sinyal output dimana variable tegangan setelah pengolahan akan diberikan ke PC (personal computer).
·         Lensa, terdapat Lensa yang berbentuk khusus yang dirancang untuk memantulkan cahaya LED ke permukaan.

 
12.   JOYSTICK adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer
Beberapa komponen Joystick :
·         E-Ring (Ring Retaining), E-cincin (juga disebut e-klip) bentuknya kecil datar, plat melengkung dari logam berbentuk seperti “E” , merupakan cincin penahan yang merupakan jenis pengikat. Hal ini menempel pada bagian bawah poros, menyelaraskan dan mengamankan bagian sepanjang itu.
·         Mounting Plate, Piring joystick terpasang secara langsung dan aman ke panel kontrol. Ini dan mesin cuci debu adalah dua bagian dari joystick yang perlu menyentuh panel kontrol.
·         Panduan / Washer Debu / Disk / Cover, Dengan banyak nama, disk ini datar mengelilingi poros di atas panel kontrol untuk menyembunyikan dan melindungi bagian dalam joystick dan lubang di panel. Ia juga bekerja untuk meningkatkan bermain ketika bagian tangan terletak di atasnya
·         Pembatas Gate, adalah sebuah pelat dengan lubang berbentuk khusus, seperti persegi atau lingkaran, yang menentukan secara fisik mana joystick dapat dipindahkan. Hal ini umumnya menempel pada bagian bawah joystick, membatasi bagian bawah poros.
·         Wire Harness, Beberapa joystick memiliki microswitches terpasang pada PCB di mana harness kawat (kabel sejajar sepanjang plug) dimasukkan daripada harus setiap kawat microswitches sekitar bagian bawah joystick. 

  
3.   SCANNER, merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital

Beberapa komponen scanner :

·         Alas kaca, Alas kaca digunakan sebagai wadah dari gambar yang akan dibaca.
·         Sumber Cahaya, berupa lampu dengan intensitas cahaya cukup tinggi akan menghasilkan cahaya yang diarahkan ke gambar.
·         Sensor sinal pantulan, Jenis yang umum digunakan untuk jenis scanner flat bed adalah sensor CCD(charge-coupled devices). Alat ini berfungsi seperti mata yang akan membaca sinar pantulan dari gambar Untuk mengarahkan sampai ke CCD, cahaya pantulan dari gambar diarahkan dengan menggunakan sejumlah cermin dan lensa scanner.
·         Motor Stepper dan pita  bergerigi Karena data dibaca baris perbaris, maka dibutuhkan motor stepper dan pita bergerigi untuk menggerakan lampu dan CCD.
·         Penutup, Penutup digunakan untuk menghindari sinar luar yang masuk, sehingga data yang dibaca oleh CCD benar-benar data pantulan dari gambar yang sedang dibaca.
  
  
4.     MICROPHONE, adalah perangkat masukan (alat input) berupa suara. Microphone merupakan alat atau komponen audio yang digunakan untuk merekam sinyal audio baik vokal, akustik instrumen atau apapun yang bisa menjadi sumber suara.

Beberapa komponen microphone :
Voice coil, Sebuah kumparan kawat kecil yg ditempelkan pada bagian belakang diafragma dan sama-sama ikut bergetar juga ketika diafragma bergetar.

Voice coil dikelilingi oleh medan magnet yang tercipta oleh sebuah magnet permanen kecil. Pergerakan voice coil di medan magnet ini akan mengakibatkan terbentuknya sinyal elektrik.

diafragma/voice coil/susunan magnet yang berfungsi sebagai generator/pembangkit sinyal listrik yang di-drive oleh suara yang masuk. Gelombang suara menabrak sebuah membran plastik tipis yang disebut diafragma sehingga diafragma tersebut bergetar

  
5.     KEYBOARD adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Papan ketik / keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya.


Beberapa komponen keyboard :
·         Per atau pegas, jika sebuah tombol keyboard ditekan maka per yang berada dibawahnya akan menekan logam yang berada dibawah per tersebut yang menyebabkan alus listrik mengalir melewatnya
·         Microprocessor, ketika kita menekan tombol keyboard maka secara langsung microprocessor mengirim data tersebut langsung ke Cpu
·         Interrupt controller, pada saat micro processor meneruskan informasi inilah yang bisa diterima ke CPU dan langsung ditampilkan di layar monitor


1 komentar:

  1. Terima kasih mbak informasinya sangat membantu. Kalau boleh tau referensinya dari mana yaa, Mbak. Terima kasih :)

    BalasHapus